Cara Menggosok Gigi Yang Baik

Sabtu, 09 Maret 2013 0 komentar

Ada sebuah ungkapan kesehatan bahwa kondisi gigi yang baik adalah penting untuk mewujudkan tubuh yang sehat secara keseluruhan; termasuk kondisi fisik secara umum, kemampuan untuk mengunyah dan berbicara, penampilan dan hubungan sosial seseorang dengan yang lainnya.
Untuk mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi, gosok gigi, bersihkan dengan benang gigi serta kunjungi dokter gigi secara teratur. Jika kurang paham cara menggosok gigi yang baik, minta bantuan dan saran dari dokter gigi Anda. Tak lupa, minta juga saran tentang cara lainnya untuk mencegah kerusakan gigi seperti perawatan gigi dengan fluoride. Gosok gigi Anda dengan benar setidaknya 2 menit minimal 2 kali sehari. Dan waktu menggosok gigi yang paling penting untuk tidak dilewatkan adalah pada malam hari sebelum tidur. Akan lebih baik jika Anda dapat menggosok gigi setiap sehabis makan. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi sedikitnya sekali sehari.

Cara menggosok gigi yang baik:

  1. Sikat gigi dan gusi dengan posisi kepala sikat membentuk sudut 45 derajat di daerah perbatasan antara gigi dengan gusi.
  2. Gerakan sikat dengan lembut dan memutar. Sikat bagian luar permukaan setiap gigi atas dan bawah dengan posisi bulu sikat 45 derajat berlawanan dengan garis gusi agar sisa makanan yang mungkin masih menyelip dapat dibersihkan.
  3. Gunakan gerakan yang sama untuk menyikat bagian dalam permukaan gigi.
  4. Gosok semua bagian permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah. Gunakan hanya ujung bulu sikat gigi untuk membersihkan gigi dengan tekanan ringan sehingga bulu sikat tidak membengkok. Biarkan bulu sikat membersihkan celah-celah gigi. Rubah posisi sikat gigi sesering mungkin.
  5. Untuk membersihkan gigi depan bagian dalam, gosok gigi dengan posisi tegak dan gerakkan perlahan ke atas dan bawah melewati garis gusi.
  6. Sikat lidah untuk menyingkirkan bakteri dan agar napas lebih segar.
  7. Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut karena yang keras dapat membuat gusi terluka dan menimbulkan abrasi pada gigi, yaitu penipisan struktur gigi terutama di sekitar garis gusi. Abrasi dapat membuat bakteri dan asam menghabiskan gigi karena lapisan keras pelindung enamel gigi telah terkikis.
  8. Ganti sikat gigi jika bulu sikat sudah rusak dan simpan di tempat yang kering sehingga dapat mongering setelah dipakai.
  9. Jangan pernah meminjamkan sikat gigi Anda kepada orang lain karena sikat gigi mengandung bakteri yang dapat berpindah dari orang yang satu ke yang lain meski sikat sudah dibersihkan.
  10. Gunakan sikat gigi elektrik untuk si kecil agar lebih mudah digunakan. Sikat gigi jenis ini sebenarnya dapat membersihkan lebih baik daripada sikat gigi manual, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dulu soal penggunaannya dengan dokter gigi Anda.


Cara Perawatan Gigi 

Email gigi merupakan struktur yang terdapat dalam gigi kita yang berfungsi sebagai alat bantu untuk gigi agar tercegah dari gigi berlubang. Gigi juga memiliki lapisan-lapisan tersendiri. Gigi yang indah dan sehat akan membuat senyum kita menjadi indah pula. Oleh karena itu, cari tahu cara perawatan gigi yang baik itu penting.

Di bawah ini ada sedikit cara mudah merawat gigi yang baik.

  1. Mencegah tebentuknya noda.
    Noda di gigi ini sangat mudah untuk terbentuk dan melekat pada gigi, hal ini dikarenakan oleh zat yang mudah nempel di gigi. Agar gigi kita tercegah dan terhindar dari noda yang ditimbulkan oleh zat yang mudah nempel tersebut, banyak-banyaklah mengkonsumsi bayam, daun selada dan brokoli. Dari tiga sayur itu berfungsi untuk mencegah datangnya noda yang akan menempel pada gigi.
    -
  2. Rawatlah sebelum rusak.
    Kerusakan pada gigi pastinya tidak sangat diinginkan oleh kita, gigi yang rusak sangatlah berpengaruh untuk keindahan tubuh kita, maka dari itu rawatlah sebelum terjadi kerusakan pada gigi kita. Jika anda minum minuman yang bersoda, minum kopi, dan juga anggur merah jangan lupa pakai sedotan, karena itu akan membantu gigi anda agar tidak mudah rusak dan dengan cara itu minuman akan tidak langsung mengenai gigi dan gigi anda terhindar dari kerusakan.
    -
  3. Gosoklah gigi 3 kali sehari.
    Menggosok gigi adalah cara yang mudah dan sangat sederhana untuk memutihkan gigi. Gigi akan terhindar dari kotoran jika anda rutin setiap hari untuk mengosok gigi, dan ini membantu gigi menjadi kuat dan terhindar dari gigi berlubang dan mudah rapuh. Rajin-rajinlah menggosok gigi sebelum tidur malam, sesudah makan dan habis tidur. Diwaktu menggosok gigi haruslah teliti jangan sampai ada sela-sela gigi yang terlewatkan. Dan diwaktu menggosok gigi jangan terlalu keras karena itu akan merusak gigi, dan gusi terluka.
    -
  4. Bleaching atau pemutihan.
    Cara ini sangat mudah dan cepat untuk memutihkan gigi dan cara ini membutuhkan biaya yang lebih. Agar gigi tidak mudah cepat rusak atau kekuningan lagi anda harus bisa menjaga makanan yang harus dikonsumsi. Bleaching ini bisa bertahan sampai 2 hingga 3 tahun. Cara ini biasanya terdapat di klinik gigi dan klinik kecantikan.
    -

Itulah tips cara perawatan gigi yang bisa langsung dipraktekkan. Selamat mencoba dan dapatkan senyum indah. Karena gigi yang sehat dan indah menghasilkan senyuman yang indah pula.


Pemilihan Sikat Gigi yang Baik


  • Pilih bulu sikat gigi yang halus.  Bulu sikat kasar bisa merusak lapisan gusi, sehingga membuat gigi lebih sensitif terhadap makanan dan minuman yang dingin atau panas.
  • Bila ingin membeli sikat gigi berpenutup, pastikan penutupnya memiliki ventilasi udara, jika tidak sikat gigi akan ditumbuhi bakteri karena lembab
  • Sesuaikan ukuran sikat gigi dengan rongga mulut agar anda bisa menggosok bagian yang sulit terjangkau.
  • Sebaiknya pilih sikat gigi yang pegangannya cukup lebar agar andal lebih nyaman saat menggenggamnya.
  • Pilih kepala sikat berbentuk oval karena bisa melindungi gusi dari kemungkinan terluka.
  • Jika ingin membeli sikat gigi elektrik, ketahuilah kelebihan sikat gigi ini hanya menggosok lebih cepat.  Lebih baik gunakan sikat gigi konvensional saja, kecuali anda butuh menggosok gigi secara kilat
  • Ganti sikat gigi tiga bulan sekali atau karena bulunya terasa tidak nyaman agar tidak melukai gusi anda.

0 komentar:

Poskan Komentar