Stretch Mark

Rabu, 16 Januari 2013 0 komentar
Stretch mark adalah tanda berupa garis tipis dengan panjang dan lebar yang bervariasi. warna stretch marks tergantung pada warna kulit alami kulit, bisa berupa garis-garis coklat kemerahan atau garis-garis coklat gelap yang seiring berjalannya waktu berubah menjadi memutih atau keperakan.

Stretch marks terbentuk ketika kulit meregang secara berlebihan dalam periode yang lama yang mengakibatkan kerusakan colagen dan elastin kulit di lapisan kulit dermis.

Strech mark bisa timbul di bagian kulit manapun, tapi umumnya muncul di area lemak tersimpan seperti perut, lengan bagian atas, payudara, paha, dan bokong.
Kemunculan stretch mark dipengaruhi kualitas dan kekuatan kulit, yang juga dipengaruhi oleh faktor-faktor kesehatan secara umum, nutrisi, hidrasi, keturunan, kondisi lingkungan, makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Siapa saja yang berpotensi memiliki stretch mark ?
Stretch mark bisa terjadi pada siapa yang mengalami peregangan kulit dan atau peregangan hormon pada masa kehamilan, puber, ataupun saat terjadi perubahan berat badan yang fluktuatif. selain itu, sejumlah kondisi medis tertentu seperti depresi, stress dan kondisi lainnya juga dapat menimbulkan munculnya stretch mark.

Dapatkah stretch mark dihindari?
Stretch mark adalah bagian normal dari pertumbuhan dan penuaan, pola hidup sehat akan membantu memelihara elastisitas kulit, sehingga dapat mengurangi kemungkinan bertambahnya stretch mark pada tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar